About Warisan

Birunya air laut, hijaunya pepohonan, dan jernihnya air sungai menjadi ciri khas yang melekat pada jiwa negara kita tercinta, Indonesia. Ragam budaya nan elok dan warisan leluhur yang begitu indah tiada tara mewakilkan keistimewaan dan mata hati bangsa tentang betapa kayanya negeri ini.

Mengembara alam melalui ruang imajinasi yang dipenuhi ide dan kreasi yang bersumber dari kekayaan dan kearifan lokal adalah cerminan dari etos kerja para penggiat kerajinan Nusantara yang tersebar dari sabang hingga merauke.

Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) adalah wahana sejarah yang berkembang menjadi kegiatan pameran, bertujuan menguatkan rasa cinta, kebanggaan serta apresiasi terhadap bulir keringat pelaku kerajinan wastra dan biota laut atas hasil karya orisinil, eksklusif, unik dan menarik yang begitu dinantikan oleh Pemerhati maupun Penikmat seni budaya Tanah Air.

Bertajuk “Citra Bahtera Nusantara” pameran WARISAN 2018 akan menghadirkan 3 (tiga)  komposisi utama yaitu Batik Parang, Tenun Songket dan Mutiara. Batik parang memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang terus mengalir, menggambarkan jalinan yang dinamis dan tidak pernah putus dalam arti upaya memperbaiki diri, memperjuangkan kesejahteraan maupun bentuk pertalian keluarga. Tenun Songket dimana warna dalam setiap lembarannya menunjukkan status dari si pemakai, kuning sebagai lambang emas menunjukkan keagungan yang tidak sekedar mewakili status kekayaan namun juga status sosial, hijau atau merah padam diasosiasikan sebagai simbol kesendirian, sementara warna-warna terang dan cerah melambangkan kebahagiaan. Mutiara alami berkualitas terbaik sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, digunakan oleh kaum bangsawan sebagai simbol kekuasaan, kekayaan dan keanggunan, namun saat ini penggunanya sudah merambah sampai masyarakat umum dalam bentuk aksesoris atau perhiasan. Oleh karena itu “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang langka, baik, mengagumkan dan berharga. 

Momentum pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) dengan harmonisasi ragam produk yang ditampilkan diharapkan bisa mendorong perajin muda untuk berinovasi terhadap hasil karyanya sehingga Indonesia kita tercinta semakin disegani di mata dunia melalui kualitas produk yang murni, berkelas, dan bergaransi.

Keikutsertaan para perajin Batik khususnya Batik Parang, Songket dan Mutiara merupakan wujud kepedulian untuk turut aktif melestarikan warisan kerajinan Nusantara sekaligus menjunjung citra bangsa Indonesia dalam hal industri kreatif.

Pastikan Anda bergabung di pameran megah dan eksklusif WARISAN 2018, mari bersama kita tunjukkan pesona Indonesia ke penjuru dunia !


Profil Pameran


Nama Pameran:WARISAN 2018
Tema:Citra Bahtera Nusantara
Tanggal:22 – 25 November 2018
Jam Pameran:10.00 – 21.00 WIB
Tempat:Jakarta Convention Center, Jakarta
Assembly Hall